Profil Jurusan

Jurusan Pendidikan Seni Rupa Unesa memiliki 4 Program Studi yakni :

  1. Program Studi D3 Desain Grafis
    Program Studi ini mencetak lulusan yang dapat menguasai ketrampilan praktis aplikasi desain grafis untuk diterapkan pada dunia kerja profesional.
  2. Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual
    Program Studi ini mencetak lulusan yang dapat menguasai ketrampilan teoritis dan praktis desain grafis untuk diterapkan pada dunia kerja profesional.
  3. Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa
    Program Studi ini mencetak lulusan yang dapat menguasai ketrampilan teoritis dan praktis untuk diterapkan pada dunia pendidikan dan pengajaran yang profesional
  4. Program Studi S1 Seni Rupa Murni
    Program Studi ini mencetak lulusan yang dapat menguasai ketrampilan teoritis dan praktis dunia kesenirupaan untuk diterapkan pada dunia kerja profesional.

 

SEJARAH
Sejak tahun 1966 hingga tahun 1978 Jurusan Pendidikan Seni Rupa hanya menghasilkan lulusan sarjana muda (BA). Baru pada tahun 1979, berdasarkan SK Mendikbud No. 0145/O/1979 menyelenggarakan program pendidikan jenjang S1 dengan gelar Sarjana Pendidikan Seni Rupa. Pada tahun 1982, Jurusan Pendidikan Seni Rupa memperluas jenjang pendidikannya meliputi juga D1, D2, dan D3.
Seiring konversi IKIP menjadi universitas, pada tahun 1999, dibukalah program studi baru non pendidikan, yaitu Program Studi Desain Grafis jenjang D3, dengan melalui SK Dirjen Dikti No. 2278/D/T/2003. Dengan demikian Jurusan Pendidikan Seni Rupa saat ini memiliki dua program studi yaitu Program Studi Pendidikan Seni Rupa (PSR) dan Program Studi Desain Grafis (DG).

AKREDITASI

Jurusan Desain Grafis (D3) dan Pendidikan Seni Rupa (S1) Kopertis Wilayah 7 pada tahun 2011 telah terakreditasi oleh BAN-PT Kemdiknas dengan predikat B.

Anda dapat mengetahuinya dengan mengklik tautan dibawah ini.

AKREDITASI BAN-PT PENDIDIKAN SENI RUPA UNESA


ORGANISASI JURUSAN



Dari bagan tersebut komponen organisasi sebagai berikut : Ketua Jurusan Pendidikan Seni Rupa sekaligus merangkap menjadi Ketua Prodi S-1 Pendidikan Seni Rupa dan Sekretaris Jurusan merangkap Ketua Prodi D-3 Desain Grafis. Sedangkan Ketua Laboratorium dibantu oleh sembilan ketua studio. Komponen lain yang mendukung yaitu Lembaga Penjamin Mutu Jurusan (LPMJ) dan Tim Pengembang yang berada dalam garis putus-putus bersama Ketua Jurusan sesuai tugas dan wewenangnya. Masing-masing komponen dalam struktur organisasi mempunyai tugas pokok dan fungsi yang jelas sehingga kinerja masing-masing komponen organisasi dapat berjalan secara maksimal.

© 2014 JURUSAN SENI RUPA . ALL RIGHTS RESERVED.