Serbuk Kayu Ajak Seniman Wanita Unjuk Karya

Salah satu Komunitas Seni Surabaya bernama “Serbuk Kayu” yang notebene alumni Pendidikan Seni Rupa, Unesa, sukses mengadakan pameran seni bertajuk Visual Art Exhibition demi memperingati Hari Kartini di sebuah kafe di Jl. Menur Pumpungan 32, Surabaya (Komplek Perpusda Menur).  Mereka mewujudkan pameran di Heerlijk Library Cafe Surabaya mulai pukul 19.00 WIB dengan bekerja sama dengan kafe tersebut.

posternya

Pameran ini unik, sebab para peserta pamerannya hanya seniman berjenis kelamin perempuan, rasanya sangat identik dan pas sekali dengan momentum Hari Kartini.

Tujuan dari pameran sendiri adalah ingin mengajak para seniman wanita untuk show up karya-karya mereka sebagai pesona mereka sebagai seniman. “Kita tahu yang namanya wanita itu adalah indah, setiap gerak dan langkahnya itu hal yang selalu menjadi sorotan. Kemudian jika dikaitkan dengan Ibu Kartini yang identik dengan emansipasi wanita. Nah, dari situlah pameran ini diselenggarakan, kami Serbuk Kayu dan Heerlijk Library sebagai fasilitator untuk mewujudkan hasrat para seniman wanita ini untuk tampil ke publik, dan memberi pesan bahwa apa yang selalu kita bilang emansipasi wanita dulu dan sekarang sudah berbeda.” begitu tutur Arsya Deananda, selaku ketua penyelenggara.

Pameran ini menggandeng banyak seniman dari berbagai kota, seperti Yogyakarta, Bandung, dan khususnya Seniman Surabaya yang bisa submit atau mendaftarkan karya untuk dipamerkan. Ironisnya tidak banyak dari unesa yang berpartisipasi, beberapa saja yang ikut memamerkan karyanya.

Salah satu peserta dari Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Unesa. Irma Rossa mengaku senang dengan pameran tersebut “Aku seneng ikut pameran ini, menurutku ini salah satu cara untuk kami para seniman wanita yang berkeinginan untuk menunjukkan karya-karya, apalagi sekarang momen Hari Kartini, jadi karya-karya kami bertema nggak jauh-jauh dari Kartini dan wanita secara umum.” tutur mahasiswa yang akrab disapa Irma itu.

Total sekitar 30 karya yang dipamerkan malam itu. Pameran tersebut menjadi pemandangan yang memperindah kafe Heerlijk Library. “Exhibition seperti ini bagus, kafe-nya jadi bagus, dan juga ini ada hiburan music& art perform yang cukup menghibur kami para pengunjung.” Ungkap Erza, salah satu pengunjung.

Adapun pembicara sebut saja Woro Indah, Nisrina Kansha, dan Artillumi yang sengaja diundang untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan seni.

Para panitia dan peserta pameran yang terlibat mengaku senang bisa dilibatkan dalam Exhibition semacam ini. Mereka berharap akan lebih banyak lagi komunitas kreatif di surabaya seperti Serbuk Kayu ini, yang peka terhadap momen-momen peringatan seperti Hari Kartini. (Ugitebayo)

Post comment

You must be logged in to post a comment.

© 2014 JURUSAN SENI RUPA . ALL RIGHTS RESERVED.