Deddy ‘Rombenk’ berpartisipasi di Jogja Annual Art #4 INCUMBENT

Jogja Annual Art #4 INCUMBENT diselenggarakan pada 24 Juli 2019 di Sangkring Art Space, Yogyakarta. Sangkring merupakan sebuah art space yang dimiliki oleh Putu Sutawijaya yang terletak di Jl. Nitiprayan No.88 RT 01/ RW 20 Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Dalam pameran yang dibuka oleh dr. Oie Hong Djien dan Prof. Edward Omar Sharif Hlariej, S.H.,M.Hum. tersebut telah diikuti oleh seniman Nasional dan Internasional. Salah satu karya yang menarik dibuat oleh ‘Kelompok Semut’. Karya instalasi tersebut terpasang di dinding tembok Sangkring Art Space.

d1Karya berjudul ‘Lolipop’ tersebut menampilkan sosok dr. Oie Hong Djien yang segang duduk dan dikerubungi semut dari berbagai macam arah. Karya tersebut terbentuk dari hasil candaan dr. Oie Hong Djien  saat kelompok semut sedang berkunjung dan menerumuninya. Ia mengatakan “Ada gula ada semut ada OHD ada Semut”.

Salah satu mahasiswa Program Studi Seni Rupa Murni, Universitas Negeri Surabaya, Deddy ‘Rombenk’ ikut terlibat dalam pembuatan serta pemasangan karya. Deddy tertarik mempelajari teknik pembuatan karya tiga dimensi yang dimiliki oleh Kelompok Semut. Saat Deddy sedang senggang ia merasa tertarik dengan project yang dilakukan oleh kelompok semut karena ia merasa senang saat melakukannya. Selama proses pembuatan, Deddy membantu dalam melakukan finishing, proses pengamplasan, dan proses mendempul. Ia pun juga membantu dalam pemasangan karya di Sangkring Art Space.

d2

 

Deddy mengaku bahwa dalam proses tersebut ia terkesan dengan dr. OHD yang merupakan salah satu kolektor terbesar di Asia yang saat itu sedang berkunjung dan ikut berkontribusi dalam pembuatan karya.

 

d3

Gilang, salah satu teman Deddy yang sedang berkunjung mengatakan, “Saya sangat senang ketika melihat teman terlibat dalam proses kreatif bersama Kelompok Semut sebab dari situ saya bisa mendapat dampaknya atau pembelajaran untuk bisa lebih semangat dalam setiap agenda kesenirupaan”. Kemudian, Dika yang juga salah satu teman Deddy mengatakan, “Deddy memang memiliki semangat yang membara, dan saya merasa semangat Deddy menular ke semua teman-temannya sehingga ingin membuat tindakan orgasme seni”.

(Liputan: Shaliha)

Comments are closed.

© 2014 JURUSAN SENI RUPA . ALL RIGHTS RESERVED.