Peduli Masyarakat Sekitar Kampus, PKM Jurusan Desain Bagi-bagi Sembako Gratis

Publikasi_1

 

Senirupaunesa.ac.id, Surabaya, Virus Corona atau yang disebut COVID 19 membawa dampak yang luar biasa bagi kelangsungan hidup manusia. Dampak tersebut bukan hanya terkait dengan kesehatan, namun telah melebar ke dampak sosial, ekonomi, bahkan dampak keagamaan. Hampir seluruh sektor layanan publik juga mengalami dampak akibat pandemic Covid 19. Saat ini pemerintah dan masyarakat Indonesia masih terus bergerak untuk melawan virus Corona seperti halnya negara lain di dunia. Jika dilihat dari statistik kasus yang ada bisa dipantau bahwa jumlah kasus virus Corona terus bertambah, ada pasien yang dilaporkan sembuh namun tidak sedikit pula yang meninggal. Beragam usaha dan upaya penanganan dan pencegahan dilakukan untuk melawan virus Corona ini. Kasus ini bermula dari sebuah pasar hewan Huanan di Kota Wuhan, China pada bulan Desember tahun 2019, lalu menyebar ke seluruh penjuru dunia dan berlanjut hingga sekarang, tidak terkecuali Indonesia.

 

Di Surabaya, seperti dikutip dari liputan6.com per 30 Mei 2020 bahwa menurut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat ini surabaya memiliki pasien kasus baru sebanyak 139 orang. Sehingga secara total di Surabaya hingga Jumat, 29 Mei 2020, kasus positifnya sebanyak 2.394 orang, sedangkan di Jatim secara keseluruhan mencapai 4.409 orang, dengan 1.478 orang di antaranya masih dalam perawatan. Sedangkan angka kematian karena virus Corona bertambah sebanyak 24 orang pada 29 Mei 2020. Dengan tambahan kasus tersebut, total pasien meninggal dunia di Jatim sebanyak 372 orang, sedangkan pasien sembuh mencapai 589 orang. Angka itu tertinggi sepanjang layanan Corona COVID-19 di Jawa Timur.

 

Dampak dari covid-19 memang banyak berimbas pada banyak sektor kehidupan di Surabaya. Salah satu yang paling menonjol tentu saja pada sektor ekonomi. Melihat kondisi tersebut, Tim PKM Dosen dari Jurusan Seni Rupa dan Jurusan Desain Fakultas Bahasa dan Seni Unesa melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan pembagian sembako, sosialiasi melalui pembuatan poster dan juga stiker, kegiatan tersebut dilakukan pada Rabu (12/8).

 

Publikasi_2

 

Tim PKM dosen tersebut terbagi dalam 6 kelompok. Masing-masing kelompok diketuai oleh M. Rois Abidin, S.Pd, M.Pd, Drs. Imam Zaini, M.Pd, Winarno, S.Sn, M.Sn, Fera R, S.Pd, M.Pd, Dr. Martadi, M.Sn, Meirina Lani A, S.Sn, M.Sn.

 

Rois Abidin, salah satu ketua PKM Jurusan Desain mengatakan bahwa kegiatan PKM yang biasanya dilakukan di luar daerah atau bahkan luar kota maka pada masa pandemi ini kegiatan tersebut lebih banyak dilakukan pada masyarakat sekitar kampus yang terdampak Covid-19.

 

“Semoga penerima bantuan sembako dari Tim PKM Jurusan Desain dan Seni Rupa ini bisa terbantu, teringankan beban ekonominya untuk sementara waktu. Kedepan dalam PKM ke-2 kami akan mencoba memberikan semacam pelatihan pembuatan hand sanitizer otomatis yang mudah dan murah, sehingga akan bisa dijangkau oleh masyarakat ekonomi menengah, apalagi dalam masa pandemi sekarang ini, untuk waktunya akan kami sampaikan lebih lanjut,” ujar Rois.

 

Selama acara pembagian sembako berlangsung, penerapan protokoler kesehatan tetap diutamakan. Acara tersebut juga berjalan lancar, saat dimulai pukul 08.00 WIB para peserta sudah banyak mengantri dan begitu acara selesai pukul 12.00 WIB seluruh peserta penerima bantuan pulang ke rumah masing-masing.

 

“Alhamdulillah, acara pembagian sembako bisa berjalan lancar dan tertib. Semoga untuk PKM ke-2 nanti yang terkait dengan pelatihan keterampilan juga bisa diikuti oleh peserta dengan baik dan berhasil dengan memuaskan” pungkas Rois.

Comments are closed.

© 2014 JURUSAN SENI RUPA . ALL RIGHTS RESERVED.